Menu

Sabtu, 05 Maret 2011

Pencegah Kanker

Di era globalisasi ini, dimana kehidupan modern. Kehidupan menjadi lebih mudah, tetapi polusi dari teknologi yang dibuat menimbulkan berbagai polusi yang besar. Berkembang dan majunya dunia, pola makan semakin tak sehat, kalaupun sehat makanan tersebut biasanya sudah terkontaminasi oleh pestisida untuk mengusir hama 6yang sebenernya tidak akan memakan tanaman para petani jika lahan temapt tinggal para hama dirusak untuk kawasan industri.

Untuk mencegah terjadinya kanker, dapat dilakukan sbb:
Makan pisang atau wortel

Perempuan yang makan empat sampai dengan enam buahv pisang kayak oksidan dalam seminggu menurunkan resiko kanker ginjal sampai 54% dibanding dengan yang tidak sama sekali makan pisang. Makan wortel juga mendpaatkan khasiat yang sama.

Berhenti merokok

Merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru, kanker pada mulut, larynx, dan esophagus, kanker perut, liver, prosfat, colorectal, leher rahim, dan kanker payudara. Kabar baiknya jika anda mulai berhenti merokok hari ini, dalam
15 tahun, resiko kanker paru-paru turun sampai hampir orang yang tidak merokok. Jika anda merokok, asap rokok yang dihembuskan membuat orang lain beresiko lebih tinggi mendapat kanker paru-paru.

Makan bawang putih

Untuk mendapatkasn khasiat pembasmi kanker dari bawang putih, memarkan atau cincang bawang putih. Lalu diamkan sebentar. Riset menunjukkan, memanaskan bawang putih dapat menghambat 90% dari aktivitas allinase, sejenis enzim yang membantu senyawa pembasmi kanker. Allinase diaktifkan ketika bawah putih dimemarkan atau diiris-iris. Jika didiamkan selama 5-10 menit sebelum dipanaskan, bawang putih membentuk cukup banyak senyawa yang bisa dipertahankan ketika dimasak.

Makan Tomat

Buah-buahan berwarna merah seperti semangka, tomat, pink grapefruit, kaya lycopene sejenis senyawa yang terus menerus terbukti sebagai pembasmi kanker ampuh.
Memanaskan buah-buahan ini membuat lycopene lebih mudah digunakan tubuh. Itu sebabnya, pria yang banyak makan saus tomat, pizza, sphagetti kemungkinan kecil mendapat kanker prostat.

Grill makanan secara cerdik

Memasak makanan di atas api terbuka merupakan salah satu cara baik untuk mengurangi kalori. Sayangnya cara masak ini juga meningkatkan resiko kanker. Temperatur tinggi grill dapat memicu senyawa-senyawa di dalam protein otot untuk membentuk senyawa penyebab kanker yang disebut heterocyclic amines atau HCA s. Kabar baiknya, cara menghindari bahaya ini mudah. Panggang makanan ketika api sudah membara untuk mendapatkan perlindungan lebih, olesi makanan yang dipanggang dengan kemangi, oregano, atau thyme. Bumbu ini membantu mengurangi jumlah HCAs di dalam daging. Yang juga bisa membantu adalah daging terlebih dulu dimicrowave untuk membantu melumpuhkan pembentukkan HCA dan mengurangi waktu pemanggangan.

Source: kertas majalah pembungkus majalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar